+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya berdiam sebuah pulau dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura. Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 500 meter.

Danau Toba Sumatera
Danau Toba Sumatera

Danau yang terletak di tengah pulau Sumatera ini lahir dari kaldera gunung berapi besar  mempunyai panjang sampai 100 kilometer. Bayangkan potensi wisata danau dengan lebar sampai 30 kilometer di provinsi Sumatera Utara tersebut. Pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan air danau dan wisata budaya masyarakat Toba saja. Apalagi sejak Januari 2018 lalu baru saja diresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Danau Toba. Pengunjung dapat menyaksikan bermacam informasi historis peristiwa super volcano membentuk kaldera gunung api, serta keunikan peristiwa geologi lainnya. Keunikan Danau Toba lainya antara lain pengujung bisa berkeliling melihat ratusan spesies anggrek, desa wisata, pemandian air panas, museum Batak. Bahkan wisatawan dapat juga merasakan pantai pasi putih Parbaba layaknya pantai.

 

Cara Menuju Pulau Samosir

Jalur Udara
Sarana transportasi udara paling dekat ke Kawasan Danau Toba, pelancong dipastikan melalui jalur udara Bandara Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang

Jalur Darat
Setibanya di Bandara
Kuala Namu, kita bisa menggunakan bus atau mencarter kendaraan menuju Kabupaten Siantar atau langsung ke Parapat.

Jalur Laut
Dari Parapat kita bisa memilih dua pelabuhan. Pelabuhan Tiga Raja menyediakan kapal fery yang bisa mengangkut kendaraan. Pelabuhan Aji Bata, tersedia juga penyeberangan kapal ferry pengangkut mobil. Sedangkan pelabuhan Tiga Raja kebanyakan hanya penyeberangan orang.

TIPS

  • Ada dua pilihan waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Toba. Bila memilih bulan Mei – September saat kemarau dan Danau Toba tidak terlalu ramai dikunjungi pelancong. Atau bulan September–November bila ingin sekaligus menyaksikan berbagai festival yang diadakan di kawasan Danau Toba.
  • Sediakan waktu yang cukup bila mendatangi Danau Toba, minimal bisa menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam. Pertimbanganya adalah Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu itu untuk mendatangi sejumlah tempat yang menarik di kawasan Danau Toba.
  • Ada beberapa cara untuk menyeberang menuju Pulau Samosir tapi penyeberangan favorit adalah Pelabuhan Ajibata di Kota Parapat.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com