+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Pangandaran Golden VisageGoa Lanang Pangandaran merupakan salah satu Destinasi Wisata yang terletak di Desa Wisata Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran yang merupakan kawasan karst yang memiliki banyak sekali potensi alam khususnya Goa dan Flora Fauna.

Untuk menuju lokasi aksesibilitas jalan sudah cukup baik dan dapat di tempuh melalui jalan darat menggunakan mobil atau motor yaitu ± 40 menit dengan jarak tempuh 22.6 km dari bundaran pangandaran dengan titik koordinat DMS (derajat, menit dan detik) : 7 ° 37 ‘18.5 “S 108 ° 30’12.5” E. Kegiatan wisata utama di Goa Lanang yaitu River Tubbing “Berenang Menyusuri Sungai Menggunakan Ban” melewati gua setinggi 100 meter dimana pengunjung disuguhkan dengan keindahan stalaktit, sebagian besar masih aktif.

Fasilitas dan sarana penunjang kegiatan wisata di Goa Lanang untuk saat ini masih memerlukan beberapa fasilitas tambahan dan fasilitas penunjang pariwisata seperti alat keselamatan kerja, penambahan ruang ganti, pusat informasi, dan juga ruang kesehatan. Selain itu, diperlukan bentuk pelatihan seperti pelatihan pemandu wisata, penyelamatan, serta pembinaan berkelanjutan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Keindahan Stalaktit dan Stalagmit di Goa Keraton (Goa Lanang)
Keindahan Stalaktit dan Stalagmit di Goa Keraton (Goa Lanang)

Kegiatan petualangan alam di Goa Lanang Pangandaran mulai dari goa basah dan goa kering, baik kecil maupun besar, dapat kita kunjungi, wisatawan akan diajak untuk menikmati petualangan petualangan yang berbeda dengan yang lain dimana ditawarkan petualangan eksplorasi bagi para petualang dengan medium hingga -kemampuan penjelajahan di atas, hal ini disebabkan oleh trek yang akan dilalui dalam kegiatan pariwisata yang sebagian besar masih merupakan kawasan perawan dimana belum ada modifikasi jalan dan lain sebagainya yang akan membuat petualangan menjadi sangat menantang berbeda dengan eksplorasi yang dimodifikasi. . dikunjungi di Objek Wisata Goa Lanang di antaranya:

  • Goa Basah (Goa Batu Adu, Goa Petir)
  • Gua Kering (Goa Bagong, Goa Apu, Goa Kartiwa, Goa Keraton, Goa Patapaan)
  • Cave Tubing (Goa Petir)
  • River Tubing
  • Jungle Treking

Dilihat dari aktivitas dan tempat yang dikunjungi Goa Lanang merupakan salah satu destinasi petualangan “Terlengkap” dimana satu paket peserta diajak untuk melakukan berbagai jenis aktivitas petualangan. Kegiatan tour dimulai dengan Jungle Tracking melalui hutan menuju Goa Apu, Goa Kartiwa dan Goa Bagong. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan melakukan aktivitas Cave Tubing di Goa Petir dan selanjutnya dengan Body Rafting.

Jungle Tracking Wisatawan di Goa Keraton (Goa Lanang)
Jungle Tracking Wisatawan di Goa Keraton (Goa Lanang)

Usai kegiatan Body Rafting, Peserta dilanjutkan dengan Light Jungle Treking melewati hutan rimba, masyarakat menuju ke kawasan Goa Keraton dimana peserta akan disambut dengan sajian Kelapa Muda dan makanan tradisional khas desa wisata Selasari. Setelah istirahat penjelajahan dilanjutkan mengunjungi Goa Keraton yang memiliki kemegahan luar biasa seperti kerajaan bawah tanah yang dipenuhi dengan stalagmit kristal dan stalaktit yang begitu indah yang memiliki desain taman alami dengan kolam kecil yang terbentuk dari tetesan air pada perut bumi yang dihuni oleh Mamalia nokturnal seperti kelelawar kecil yang terbang di atas goa, di dalam goa ini terdapat sebuah batu unik yang mempunyai bentuk yang luar biasa menyerupai kelamin jantan yang menjadi icon kawasan sehingga kawasan wisata goa tersebut dinamakan Goa Lanang.

Setelah selesai mengunjungi Goa Keraton peserta akan diajak untuk melanjutkan perjalanan menikmati keindahan kreasi alam disekitar kawasan menuju Gua Patapaan yang menjadi habitat berbagai jenis kupu-kupu dan capung dan jika beruntung kita akan melihat mamalia di dekat Gua Patapaan seperti kera ekor panjang dan lutung yang hidup di alam liar dapat kita lihat pada waktu-waktu tertentu.

Setelah mengunjungi Goa Patapaan wisatawan akan diajak ke Goa Batu Adu dan selanjutnya dengan Body Rafting melawan arus sungai menuju Bascamp Tujuan Wisata Goa Lanang yang dikelola oleh POKDARWIS Goa Lanang yang diketuai oleh Kang Yaya dan Abah Kunai (Narli) selaku Pengembang dan Pengelola Desa Wisata Selasari.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com