+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Pangandaran Golden Visage – Pantai Batukaras, merupakan pantai yang terletak di sebuah teluk. Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, ombak laut yang bersahabat dan pantainya yang landai membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Pantai Batukaras berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan titik koordinat S7 45.004 E108 30.167 dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Pantai Batukaras memiliki ciri khas yaitu pantainya yang memiliki pasir hitam dengan ciri khas daratan yang landai, dengan air laut yang tenang dan biru. Wisatawan bisa menikmati suasana tenang dengan angin sejuk dan menikmati berbagai sajian kuliner khas, seafood, dan berbagai macam masakan di resto yang tersedia. Menikmati keindahan cakrawala akan memberikan ketenangan dan kenangan akan liburan yang begitu menyenangkan.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: Menikmati pemandangan alam, berperahu aristokrasi, berkemah, selancar dan olah raga air lainnya. Akomodasi yang tersedia di Pantai Batukaras antara lain pondok wisata yang dilengkapi dengan taman bermain dan rumah ibadah. Fasilitas lain yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Suvenir, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), Papan Selancar Sewa dan Ban Kolam Renang.
Bagi Anda pecinta surfing, pantai ini adalah surganya tempat surfing terbaik di Jawa. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pengalaman berselancar yang hampir sama dengan Bali, sehingga tidak heran jika pantai ini disebut-sebut sebagai “Little Bali”. Jika dibandingkan dengan pantai lain di Pangandaran, Batu Karas merupakan pantai datar yang memiliki teluk kecil, sehingga para peselancar tidak perlu repot mendayung terlalu jauh untuk mencapai titik awal ombak.

Surfing di Pantai Batukaras
Surfing di Pantai Batukaras

Bagi pecinta surfing ada 3 titik yang tepat untuk berselancar, yaitu Bulak Pendak, Legok Pari, dan Karang Nunggal.

Bulak Pendak memiliki ombak yang dapat membuat tembok tinggi dan panjang, sehingga sangat disarankan hanya peselancar profesional yang mencoba tempat ini karena ombaknya yang sangat tinggi. Namun untuk mencapai lokasi tersebut peselancar harus menyewa perahu terlebih dahulu. Poin selanjutnya adalah Legok Pari.

Legok Pari ini merupakan titik yang sangat cocok bagi para peselancar pemula sekaligus menjadi titik favorit karena ombaknya cukup aman dan tidak terlalu tinggi. Titik terakhir adalah Karang. Kesempatan untuk berselancar di titik ini hanya saat air laut sedang pasang karena terdapat banyak bebatuan di sekitar pantai.

Tidak hanya untuk berselancar saja, namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain jet ski, banana boat, berenang, menaiki kereta kuda keliling pantai, dan lain sebagainya.
Bagi pecinta petualangan, kawasan Batukaras menawarkan sejumlah tempat yang bisa digunakan untuk berpetualang, hiking dan camping yang cukup menantang, dimana wisatawan bisa mengunjungi kawasan Karang Nunggal, pantai kecil dan terpencil di kawasan Batu Karas.

Untuk menuju Kawasan Wisata Pantai Batukaras tidaklah sulit karena sudah banyak penunjuk arah untuk menuju lokasi. Selain itu, Anda dapat menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan, atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, setibanya di kawasan Pangandaran ambil arah menuju Cijulang kemudian ikuti petunjuk yang telah disediakan.

Sedangkan jika memilih menggunakan angkutan umum maka harus singgah terlebih dahulu di terminal Pangandaran, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan minibus menuju Cijulang. Sesampainya di Kecamatan Cijulang, satu-satunya kendaraan yang bisa membawa Anda ke Pantai Batu Karas adalah dengan menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp. 30.000 – atau bisa dinegosiasikan.

Jika Anda ingin menginap di Pantai Batu Karas, tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai tersedia hotel dan penginapan dengan tarif yang bervariasi. Beberapa hotel juga menawarkan cottage dan bungalow. Beberapa hotel yang mungkin cocok untuk Anda di sana antara lain Java Cove Beach Hotels, Lagoona Beach Bungalows, Pondok Putri Hotels, Lotus Hotels, Hi & Low Hotels, Bonsai Bungalows, Amazon dan lain sebagainya.
Sedangkan bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kebiasaan dan adat istiadat penduduk setempat, wisatawan bisa menyewa rumah lokal “Homestay”.

Jika ingin membeli sejumlah oleh-oleh / oleh-oleh, di sekitar Pantai Batukaras terdapat deretan toko oleh-oleh yang menjual aneka kaos oblong, pakaian renang, aneka kerajinan tangan yang terbuat dari kerang dan benda laut lainnya. Dan jika ingin memuaskan rasa lapar, di sekitar Pantai Batukaras juga terdapat restoran dengan hidangan seafood sebagai sajian utamanya. Sedangkan untuk kamu yang ingin mencoba menu lain seperti masakan Timur Tengah atau makanan khas Sunda bisa ke warung makan yang ada di sekitar Pantai Batu Karas.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com