+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Pantai Madasari berada di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, berjarak sekitar 41 km dari Bundaran Marlin Pangandaran ke arah barat melewati destinasi wisata Pantai Batuhiu dan Green Canyon. Menuju destinasi ini cukup mudah, sudah banyak petunjuk arah di sepanjang jalan dan moda transportasi yang bisa menggunakan menuju lokasi ini adalah kendaraan sewa atau pribadi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Camping di Pantai Madasari
Camping di Pantai Madasari

Legenda yang dipercaya penduduk sekitar pantai, adalah soal kuda sembrani. Pantai ini konon digunakan sebagai tempat singgah kuda sembrani milik Sultan Agung. Kuda terbang itu kabur dari kandang di Kerajaan Mataram. Nama Madasari berasal dari kata Madang Nyari.

Dulunya Madasari merupakan hutan belantara. Namun setelah menjadi perkampungan, salah satu pendatang dari Suku Bugis bernama Daeng Danto merubah nama Madang Nyari menjadi Madasari. Mada artinya makanan dan Sari artinya Rasa, jadi artinya makanan yang memiliki rasa yang enak.

Konon Sultan Agung memiliki kuda sembrani. Kuda sembrani hanya ada di tanah Mekah. Maka saat Sultan Agung melaksanakan salat Jum’at di Mekah, saat pulang sholat beliau membawa kuda sembrani. Selanjutnya dikisahkan kuda sembrani tersebut kabur dari kandang. Kuda terbang itu menuju ke pantai selatan pulau Jawa yaitu Madasari. Konon kuda sembrani Kerajaan itu menyetubuhi kuda betina yang dipelihara oleh warga. Hingga saat ini, rata-rata orang Madasari memelihara hanya kuda betina.

Madasari memiliki panorama yang sangat indah dengan hamparan pasir yang luas terbentang disepanjang pantainya. Hal yang paling unik di Pantai ini adalah keberadaan terumbu karang yang membentuk sekumpulan pulau – pulau kecil yang menyajikan pemandangan luar biasa dengan batuan karang yang cantik dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan, terutama para pencinta fotografi. Destinasi wisata ini memiliki beberapa titik lokasi yang menjadi andalan, diantaranya seperti :

  • Muara Madasari

Muara yang berada dikawasan Pantai Madasari yang karakteristiknya landai serta berkarang. Pantai ini cocok untuk wisata keluarga, dimana anak-anak kecil bisa bermain air tanpa harus khawatir akan ombak.

  • Pantai Cariu

Karakter pantai yang landai dengan ombak relatif tidak terlalu besar dan sangat cocok bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan laut dan teluk dari tebing karang. Selain pemandangannya indah, pantai ini juga memiliki kelebihan dari posisi letak yang berada disebelah timur dan sangat cocok untuk melihat matahari terbit (sunrise). Warga lokal sering menjadikan tempat ini untuk memancing.

  • Sebrotan

Pantai ini memiliki panorama alam yang asri dan masih alami, salah satu ciri khas dari pantai ini adalah adanya Batu Sebrotan atau batuan karang dengan hantaman ombak besar, disini wisatawan bisa menikmati deburan ombak yang melewati celah karang yang sangat indah. Pantai Sebrotan ini paling populer diantara pantai-pantai yang lain, di kawasan ini wisatawan bisa berenang, berswaphoto dan bermain air diantara karang-karang.

  • Singkil Surfing

Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang hobi berselancar, karakteristik ombaknya yang unik membuat tempat ini berbeda dengan spot-spot berselancar lainnya.

  • Pantai Legok Gandu

Pantai ini cukup berkarang dengan ombak yang sedikit besar. Selain dapat menikmati pemandangan laut dari di pinggir pantai, tebing karang memberikan nuansa keindahan yang berbeda. lokasi ini dapat dijadikan area bermain air karena bentuk pantainya yang landai, bagi wisatawan yang tidak bisa berenang sekalipun dapat bermain-main dipinggir pantai.

  • Karang Seugeuh

Wisatawan yang hobinya berkemah dapat mengunjungi pantai ini. Di kawasan ini terdapat Batu Leuit atau yang lebih dikenal sebagai batu karang besar yang berbentuk seperti tempat menumbuk padi berukuran raksasa yang dapat di temukan di depan pantai Karang Seugeuh. Fasilitas wisata yang terdapat di kawasan ini adalah jasa penyewaan tenda, toilet umum, mushola, lahan parkir, dan warung-warung sebagai fasilitas penyedia makan dan minum.

antai Madasari berbeda dengan pantai–pantai lainnya yang ada di Pangandaran, Pantai ini memiliki ciri Khas yang mungkin di pantai-pantai lainnya tidak memiliki. Pantai Madasari memiliki 11 Pulau kecil di sekitar pantai.

Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan dihiasi pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Desa Masawah.  Pulau-pulau yang menjadi keunikan wisata Pantai  ini terletak dekat dengan tepi pantai. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, memiliki batu-batu karang yang sangat cantik.

Ada 11 pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis Pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut mempunyai nama-namanya tersendiri, diantaranya yaitu, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Pulau Legok Bancet.

Ada satu pulau terkenal yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut bernama Batuleuit. Batuleuit menjadi icon Pantai ini. Sebagai Icon yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, Batuleuit menjadi lokasi yang sering dijadikan background untuk swafoto. Bahkan, banyak para pecinta fotografi datang hanya untuk memotret pulau tersebut.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan hiking atau penjelajahan alam, dapat melakukan petualangan dengan menjelajah alam di sekitar Pantai Madasari yang indah. Menurut warga setempat di sekitaran Pantai Madasar Pangandaran masih banyak hewan-hewan yang sudah cukup jarang dilihat. Misalnya ayam hutan atau cangehgar.

Tak hanya itu, terdapat pulau-pulau kecil di kawasan pantai tersebut, sehingga menambah pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan. Alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pantai ini berramai-ramai seperti bareng keluarga atau  teman-teman. Agar suasana yang tercipta lebih asik dan seru. Perlu anda ketahui para pengunjung pantai madasari yang ingin hikking di sekitar pantai, untuk diwaspadai soal bulu babi. Apabila air pantai surut mesti waspada karena di kawasan pantai masih banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.

Salah satu momen yang paling menyenangkan yang bisa anda saksikan di Pantai ini, yakni dapat melihat deburan ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5-6 meter, lantaran hal ini tidak bisa dilihat di setiap pantai.

Pantai Madasari Pangandaran memiliki keindahan tersendiri yang unik dibandingkan pantai lain. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam sunset di pantai ini. Di saat senja itu, panorama alam Pantai ini terlihat sangat indah. Sinar matahari senja sangat menakjubkan. Suasana itu selalu dinantikan pengunjung untuk menikmati keindahan. Pengunjung juga memanfaatkan momen itu dengan berfoto selfie, dan duduk di bibir pantai. Pengunjung wajib berfoto dengan background dari panorama alam yang alami untuk menjadi momen yang mengesankan.

Setelah puas bermain main pasir dan berburu foto, pengunjung bisa mencoba wisata lam yang rada ekstrim. Pengunjung mungkin bisa mencoba Body Rafting menyusuri sungai jernih di Green canyon Pangandaran. Lokasi eksotis ini hanya berjarak 14 km dari pantai ini.

Namun jika pengunjung masih ingin mengeksplorasi lebih jauh pesona pantai wilayah pangandaran, bisa mencoba pantai populer Batukaras. Pantai indah ini berada 20 km di sebelah utara pantai madasari. Pantai batukaras memiliki karakter suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat. Dengan pantai yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com