+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Tana Toraja merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki berbagai macam objek wisata yang mengagumkan, budayanya yang masih kental membuat magnet tersendiri bagi para wisatawan baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri. memang bagi Anda yang baru mengunjungi Tana Toraja kesan mistis sangat terasa, tetapi dibalik itu semua pemandangan alam yang ada di Tana Toraja akan membuat Anda terhipnotis dan ingin berlama – lama menikmatinya.

Wisata alam yang eksotis maupun keragaman budayanya akan membuat wisatawan berdecak kagum. Tana Toraja dapat ditempuh melalui jalur darat maupun udara. Jalur darat biasanya akan memakan waktu 8 sampai 9 jam. Sementara, jika melalui jalur udara kemungkinan hanya memakan waktu satu jam saja. Sesampainya di Tana Toraja, wisatawan akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan wisata. Berikut adalah rekomendasi wisata yang wajib masuk shortlist wisata Tana Toraja.

Bila tertarik dengan wisata di ketinggian, Anda bisa mengunjungi Pango-pango Makale yang termasuk ke dalam agrowisata. Terletak di perbukitan, pemandangan alam di tempat ini begitu indah. Belum lagi suasana yang sejuk akan menenteramkan hati. Hal ini memang menjadi ciri khas untuk wisata yang berada di perbukitan. Tidak salah bila tempat wisata ini sering disebut sebagai negeri di atas awan. Wisatawan dapat menikmati indahnya pepohonan yang bertebaran, juga hijaunya semak belukar yang menghampar. Menikmati panorama bukit dan gunung juga dapat dilakukan dari sini. Selain itu, memandang Kota Makale dari tempat ini akan menjadi hal yang menakjubkan bagi kegiatan wisata Anda.

Selain Pango-pango Makale, Anda juga akan dihadapkan dengan negeri di atas awan lainnya, yaitu Totombi. Objek wisata ini berada di Dusun Lembang, Desa Benteng Mulu, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Biaya masuk ke tempat ini hanya 15 ribu saja. Wisatawan dapat menikmati panorama sunset maupun sunrise yang mempesona. Menikmati negeri di atas awan tentu harus menyiapkan jaket yang tebal agar dapat menahan hawa dingin.

Londa Tana Toraja
Londa Tana Toraja

Londa menjadi salah satu objek wisata favorit di Tana Toraja. Objek wisata ini merupakan sebuah makam yang terletak di sebuah tebing batu. Di tebing tersebut, terdapat gua-gua yang berfungsi sebagai makam. Di gua tersebut, terdapat peti mati dan jenazah, tulang, maupun tengkorak yang berusia ratusan tahun. Selain itu, ketika berkunjung ke Londa, wisatawan juga akan disuguhkan penampakan patung yang berjajar di bibir tebing batu. Patung-patung ini sering disebut Tau Tau oleh masyarakat setempat. Patung tersebut tidak lain merupakan patung dari jenazah yang dimakamkan di Londa. Selain di Londa, wisatawan juga dapat menemukan pemakaman tebing batu di Kete Kesu. Tempat ini hanya berjarak 4 km dari Kota Rantepao. Selain pemakaman, pengunjung juga dapat melihat rumah adat Tongkonan yang menjadi kebanggaan masyarakat Toraja. Rumah adat ini tidak lain merupakan tempat penyimpanan sementara jenazah sebelum dimakamkan.

Mereka yang mempunyai derajat atau kedudukan di masyarakat akan memperoleh tempat yang tinggi pula di pemakaman. Demikian pula masyarakat biasa. Mereka biasanya dimakamkan di barisan yang lebih rendah.

Dalam adat Toraja, ketika seseorang meninggal, akan diadakan upacara adat bernama Rambu Solo. Upacara ini merupakan upacara penghormatan kepada jenazah sebelum dimakamkan. Upacara ini akan dilakukan ketika seluruh anggota keluarga dari yang bersangkutan telah lengkap. Selain itu, biaya untuk melakukan upacara ini juga cukup besar karena harus menyembelih kerbau dalam prosesinya.

Kadang, karena alasan keluarga atau belum cukupnya biaya untuk upacara, jenazah akan disimpan selama bertahun-tahun di Rumah Tongkonan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Toraja memang sangat menjaga tradisinya.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com