+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Sejalan degan pemekaran daerah Kabupaten Pangandaran yang dulunya berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Ciamis, kini mendewasakan diri dengan cara berpisah dari Wilayah Kabupaten Ciamis dan berdiri sendiri menjadi Kabupaten Pangandaran. Untuk melengkapi perjalanannya dalam mendewasakan diri, Kabupaten Pangandaran meproklamirkan diri ingin menjadi tujuan wisata dunia. Atas dasar itu, masyarakat yang berada di Wilayah Kabupaten Pangandaran diminta untuk mencari dan menggali tempat-tempat yang sekiranya layak dijual sebagai komoditi wisata. Termasuk masyarakat di sekitar Ciwayang (Pasir Ciwayang), adanya keputusan yang di informasikan oleh Penjabat Bupati tersebut, mereka sangat antusias menyambutnya.

Dan rupanya mereka tidak berpikir panjang karena akhirnya, masyarakat di sekitar Ciwayang, yaitu warga masyarakat Desa Cimindi, didukung oleh Pemerintah Desa, mereka segera membentuk KOMPEPAR wisata Ciwayang dan mengajukan Ciwayang Rafting sebagai andalan tujuan wisata. Ternyata upaya masyarakat tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, terutama dari orang-orang atau dinas yang bergerak dibidang wisata.

Bahkan Ketua KOMPEPAR Kabupaten Pangandaran, Kang Edi Rusmiadi, menyambut dengan sepenuh hati untuk wisata Ciwayang, apalagi seelah melihat keindahan-keindahan yang disuguhkan oleh sungai Ciwayang, sungai yang dijadikan lokasi Wisata Air Ciwayang Rafting. Kata beliau, walau lahir sebagai bungsu, Wisata sungai Ciwayang punya prospek yang cukup cerah sebagai komoditi wisata. Dari data-data keindahan sungai Ciwayang hasil ekspedisi KOMPEPAR wisata Ciwayang, lokasi tersebut diprediksi akan menjadi sumber kehidupan yang mumpuni bagi masyarakat sekitarnya dan juga bagi pendapatan pemerintah daerah, asal dalam pemeliharaan dan promosi diprioritaskan. Sarana dan prasarana pendukung yang belum ada, segera dipersiapkan agar, Kabupaten Pangandaran yang meproklamirkan diri sebagai destinasi wisata dunia bisa tercapai.

Pemeliharan ini mutlak harus dilakukan oleh KOMPEPAR bersama masyarakat, sedangkan pemerinah hanya mengayomi dan membantu sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh masyarakat, seperti, kebijakan-kebijakan dan pengukuhan peraturan demi kelanggengan dan kemajuan wisata. Jadi, lahirnya Wisata Ciwayang Rafting tanggal 9 November 2015 adalah atas dasar keputusan pemerintah yang ingin menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai destinasi (tujuan) wisata dunia.

Wisata Ciwayang merupakan salah satu objek wisata air Body Rafting. Aktivitas Body Rafting di Ciwayang memiliki panjang trek sekitar 2,5 km atau sekitar 2-3 jam waktu tempuh. Ciwayang Body Rafting Berlokasi di Dusun Cikoranji Blok Ciwayang Desa Cimindi Kec Cigugur Kabupaten Pangandaran, berjarak kurang lebih 25 km dari objek wisata Pantai Pangandaran. Sepanjang pengarungan wisatawan akan menikmati panorama alam yang alami, pemandangan alam yang hijau segar dan tebing batu terukir secara alami. Selain itu, akan melewati juga beberapa air terjun dan beberapa goa, seperti : Karang Bayawak, Sigay Omon, Jambe Tiwi, Situ Hyang, Curug Rasun, Gupitan, Batu Malang.

Ciwayang
 Body Rafting ini cocok bagi anda yang saat ini ingin berkunjung ke Wisata Ciwayang bersama keluarga tercinta, rombongan, Group atau komunitas lainnya, karena akan di fdampingi oleh Pemandu yang berpengalaman hingga anda akan merasa aman, nyaman, dan puas, sehingga merasakan sensasi liburan yang menyenangkan.

Body Rafting , adalah olahraga air yang prinsipnya seperti rafting/arung jeram namun tidak menggunakan rakit maupun dayung. Secara internasional, istilah yang dipakai secara umum adalah Canyoning atau Canyoneering, yang berasal dari kata Canyon yang artinya tebing sungai, yaitu cerukan yang terjadi akibat pengikisan sungai terus menerus sehingga menjadi dinding tebing.

Objek wisata ciwayang body rafting terletak di Dusun Cikaronji, desa cimindi kecamatan cigugur kabupaten pangandaran lokasinya kurang lebih 28 km dari obyek wisata pantai pangandaran. Aktivitas wisata ciwayang adalah Body Rafting yaitu dimana pengunjung akan diajak berenang menyusuri sungai dengan panjang +- 3km dengan panorama alam himpitan tebing yang masih natural dan eksotis.

Dengan menggunakan peralatan rafting safety dan juga ditemani pemandu lokal yang sudah berpengalaman dan handal pengunjung akan berenang bersama mengarungi alur sungai yang tergolong semi ekstrim jadi akan semakin seru dan menantang adrenalin pengunjung.

Ciwayang sendiri merupakan hulu sungai yang mengalir ke sungai Green Canyon dan juga memiliki kemiripan bebatuan dengan himpitan tebing dan stalaktit di sepanjang alur sungai, menjadikan ciwayang cukup populer di seputar destinasi wisata pangandaran.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com