+62822-3151-6599 Contact@gvpnd.com

Santirah – Terletak di Dusun Karang Mukti Desa Selasari Kec. Parigi Kab. Pangandaran kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Pusat Kota Kab. Pangandaran dengan menggunakan kendaraan mobil Pribadi. Januari 2014 tepatnya Wisata Santirah River Tubing di Publikasikan kepada para Wisatawan. Wisata Santirah River Tubing merupakan objek wisata yang paling banyak dikunjungi dan baru di Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan cerita para Tokoh Masyarakat Santirah merupakan asal sebuah nama seorang Kembang Desa yang banyak diperebutkan banyak lelaki dikarenakan oleh kecantikan dan pesona wajahnya. Santirah konon tinggal di Dsn Karangmukti Desa Selasari, singkat cerita dikarenakan anugrah paras cantik yang dimilikinya banyak laki laki yang berniat untuk memilikinya, karena banyak para lelaki yang memperebutkan dirinya terlebih Nyi Santirah pada saat itu merupakan seorang seniman penari Ronggeng Gunung (Seni Ibing Sunda) yang terkenal pada masa itu, sehingga banyak lelaki yang memperebutkan santirah, semenjak popularitas santirah makin populer dikalangan penari pada masa itu.

Semakin hari semakin banyak masalah yang terjadi di daerahnya sendiri yang mengakibatkan kakasih Santirah bernama Asep Ireng merasa tergganggu dan cemburu oleh banyaknya godaan yang datang dari para lelaki yang ingin mendapatkan cinta dari Nyi Santirah. Hingga pada suatu ketika terpikirlah sebuah ide buruk pada diri asep ireng ingin membunuh Nyi Santirah dikarenakan sakit hati oleh para lelaki yang sering menggoda kekasihnya tersebut. Dan pada akhirnya rencana tersebut menjadi kenyataan dan menjadi kisah pilu bagi seorang kembang desa bernama Santirah harus kehilangan nyawa di tangan kekasihnya, konon mayat santirah di buang di Sungai yang kini menjadi tempat wisata paling banyak di kunjungi setiap harinya.

Santirah memiliki dua aktivitas andalan yang bisa dinikmati oleh pengunjung (Wisatawan) untuk berlibur di Santirah, Body Rafting dan River Tubing Merupakan Aktivitas yang paling menyedot Pengunjung untuk berbondong bondong berlibur ke Santirah River Tubing, Kini santirah berganti cerita menjadi sebuah keajaiban baru di dunia pariwisata khususnya di kabupaten Pangandaran, kini Santirah menjadi sebuah Destinasti Wisata baru yang banyak dikunjungi oleh para Wisatawan baik Wisatawan Lokal maupun Wisatawan Luar Negeri, Kini Santirah mampu bersaing dengan Wisata wisata pendahulunya, berkat keindahan panorama alam khas Desa, Sungai yang merupakan hulu sungai Citumang dengan keajaiban alam yang ada di dalamnya Air terjun, Goa yang exsotis dengan panjang yang bervariasi, arus jeram untuk menguji adrenalin membuat para pengunjung semakin penasaran untuk datang berwisata ke Santirah River Tubing.

River Tubing, adalah aktivitas alam meluncur bebas di permukaan air sungai yang memiliki arus ringan. Menggunakan ban/tubing dari ban dalam mobil dengan menggunakan perlengkapan pengaman seperti life jacket atau pelampung, pelindung kaki dan kepala. Bedanya dengan rafting, river tubing merupakan aktivitas perorangan dan tanpa dilengkapi dayung, pergerakannya sepenuhnya mengandalkan arus sungai.

Body Rafting , adalah olahraga air yang prinsipnya seperti rafting/arung jeram namun tidak menggunakan rakit maupun dayung. Secara internasional, istilah yang dipakai secara umum adalah Canyoning atau Canyoneering, yang berasal dari kata Canyon yang artinya tebing sungai, yaitu cerukan yang terjadi akibat pengikisan sungai terus menerus sehingga menjadi dinding tebing.

Trek Sungai Santirah River Tubing – Santirah merupakan wisata air yang komplit yang ada di kabupaten Pangandaran, makanya banyak pengunjung yang merasa ketagihan setelah berkunjung ke santirah river tubing ada dua aktivitas air yang bisa di lakukan oleh engunjung ketika berlibur kesantirah salasatunya aktivitas River Tubing dan Body Rafting.

  • Panjang Trek 1,5 kilometer
  • Durasi waktu tempuh dua sampai tiga jam (Tergantung Aktifitas Pada Saat Pengarungan).
  • Melewati Lima air terjun
  • Empat Goa dengan max panjang 100 m
  • Tiga Jeram
  • Tiga Spot Jump Dengan Ketinggian 2-8 Meter

Merupakan salah satu  keunikan yang akan ditemukan di Dapatkan oleh para Wisatawan pada saat pengarungan di Wisata Santirah River Tubing. Akses yang mudah di jangkau sehingga mempercepat perjalanan menuju lokasi dan wisata ini aman untuk semua kalangan anak (umur 3 Thn) ataupun orang tua, karena nantinya akan di dampingi oleh para pemandu berpengalaman dan Profesional.

Leave a Reply

Please rate*

Tour Search

Pangandaran Golden Visage

is a local Pangandaran Tours Agency based in Pangandaran, West Java – Indonesia. Pangandaran Golden Visage is runned by a local pangandaran guide, Iwa Purwana Suganda and he’s Team – an expert of Pangandaran Tours & Adventures who has been working in the Pangandaran tourism industry for many years and has an excellent track record in serving travelers from all over the world.


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami sangat senang untuk bisa berbicara dengan Anda.

+6282231516599

contact@gvpangandaran.com